Membuat Fomulir Google Docs

Tekno & Sains

Membuat Fomulir Google Docs

Banyak pengguna layanan Google yang kurang memanfaatkan fasilitas yang diberikannya, salah satunya adalah Google Docs. Dengan google Docs kita bisa membuat spreadsheet atau dokumen secara online. Selain itu juga Google Docs ini dapat kita manfaatkan untuk membuat formulir. Salah satu kelebiha membuat formulir di Google Docs ini adalah setiap data yang diisi pada formulir yang dibuat akan langsung masuk kedalam spreadsheet Google Docs itu sehingga memudahkan kita untuk mengelolanya. Bagaimana caranya? Let’s see below!

  1. Pertama buka halaman Google Docs dan login pake akun Google kita.
    Selanjutnya akan tampil halaman baru.
  2. Setelah itu buat sebuah Formulir baru dengan memilih menu Baru/New di sebelah kiri jajaran menu Google Docs tersebut.
  3. Setelah itu buatlah pertanyaan apa saja yang diinginkan. Ada beberapa pilihan model kolom jawaban yang disediakan, antara lain : Text , Paragraph Text, Muliple Choice, Checkboxes, Choose From A List, dan Scale (1-n).
  4. Jika sudah selesai membuat pertanyaan, kini saatnya merubah kalimat tanggapan atau konfirmasi. Sorotlah menu Mau Diapakan? Dan pilihlah opsi Edit Confirmation lalu tulis kalimat konfirmasi semau kita.
  5. Kemudian sorot menu Lihat Tanggapan dan pilih menu Spreadsheet. Maka akan tampil halaman baru lagi. Di halaman Spreadsheet itu nantinya data yang diisi dalam formulir akan secara otomatis masuk kedalam kolom–kolom yang ada tersebut. Perhatikan, data yang sudah diisi dalam formulir tersebut akan langsung berada di Spreadsheet.

Selesai sudah proses pembuatan formulir. Jika ingin memasangnya di website atau blog kita caranya sebagai berikut:

  1. Dari halaman Spreadsheet sorot menu Formulir lalu pilih menu Embed.
    Lalu copy script yang keluar melalui jendela pop-up.
  2. Setelah itu buka halaman Elemen Halaman Blogger dan pilih Tambah Widget.
  3. Pilih HTML/Java Script lalu paste kode/script yang tadi di-copy, namun sebelum menyimpannya ubahlah terlebih dahulu tinggi dan lebar formulir tesebut (sesuaikan dengan lebar sidebar template blog).

Untuk platform blog lain seperti WordPress dll, pada prinsipnya sama, yaitu menambahkan widget HTML/Java Script. Namun untuk WordPress pilihlah widget Text/Teks lalu paste kode/script tadi kedalamnya.

Halo, saya adalah seorang pengajar dan pengembang aplikasi, khususnya aplikasi web. Profil saya dapat ditemukan di Twitter dan Github.
Back To Top