Merantau Untuk Melanjutkan Hidup

Sudut PandangLeave a Comment on Merantau Untuk Melanjutkan Hidup

Merantau Untuk Melanjutkan Hidup

Sekitar satu minggu kemarin saya berkunjung ke sebuah dusun kasepuhan di daerah Kabupaten Sukabumi. Kasepuhan itu bernama Ciptagelar. Sebetulnya lokasinya berbatasan juga dengan provinsi Banten, dan mayoritas masyarakat disana juga berbahasa Sunda dengan logat Banten Kidul.

Sebuah kisah perjalanan hidup di pegunungan

Satu minggu saya menetap disana, selain untuk membantu memperbaiki jaringan internet dan website disana ya sekalian anggap saja berlibur menghilang dari hiruk pikuk dunia di kota. Oiya, yang menarik dari kasepuhan Ciptagelar adalah meski lokasinya berada di pegunungan dan perjalanan kesana cukup berat juga, namun penggunaan teknologi disana sudah cukup pesat. Selain mereka sudah menggunakan internet, mereka pun punya stasiun televisi lokal. Untuk pasokan listrik mereka menggunakan teknologi micro hydo, turbih listrik yang menggunakan tenaga dorong air. Jangan tanyakan sumber air dari mana, tentu saja dengan lokasi mereka saat ini tidak sulit membuat sebuah bendungan.

Ada satu hal menarik saat saya berada disana, suatu hari ada serombongan kelompok atraksi tradisional kuda lumping dari Cirebon. Saat saya sedang mengobrol dengan beberapa warga dan sesepuh disana di imah gede (rumah besar), pemimpin rombongan datang untuk meminta izin kepada Abah (kepala kasepuhan) untuk bisa tampil di tempat ini. Saya pun penasaran ingin tahu lebih jauh mengenai kuda lumping ini. Terjadilah diskusi antara kami.

Hal yang mengejutkan adalah ternyata mereka sudah berpuluh-puluh tahun berkelana di Indonesia. Mereka pulang setiap beberapa bulan sekali. Menurut pengakuan bapak pimpinan rombongan beliau sudah ikut rombongan ini sejak umur 5 tahun bersama ayahnya. Dan dulu, sebelum mereka memiliki mobil sendiri mereka berjalan kaki dari satu dusun ke dusun lain. Mereka pernah ke Kalimantan dan Sumatra juga.

Sungguh luar biasa pikirku mereka ini. Merantau untuk bisa melanjutkan hidup. Hal lain yang saya anggap lebih luar biasa adalah mereka setia mempertahankan salah satu kebudayaan Indonesia.

Halo, saya adalah seorang pengajar dan pengembang aplikasi, khususnya aplikasi web. Profil saya dapat ditemukan di Twitter dan Github.
Back To Top