Istirahatlah Jika Kau Lelah

Semua hal di dunia ini memiliki batas, entah itu tata surya, makhluk baik yang terlihat nyata yang bisa kita lihat dengan mata kita dan kita dengar dengan telinga kita maupun makhluk lain yang tak bisa kita lihat wujudnya, atau benda-benda karya dari manusia. Hanya Sang Pencipta lah yang tak memiliki batasan.

Sebuah pisau jika dia digunakan untuk memotong atau mengiris terus menerus maka lambat laun pisau tersebut akan menjadi tumpul. Sebuah pohon yang berusia ratusan bahkan ribuan tahun meski semakin tua dia semakin kokoh namun tetap pada akhirnya pohon tersebut memiliki batas usia juga. Sebuah batu, meski hanya benda tak bernyawa tapi dia dapat habis terkikis oleh tetesan air. Mesin secanggih dan sekuat apapun bahan yang digunakan untuk membuatnya, dalam jangka waktu beberapa tahun atau mungkin hanya beberapa bulan akhirnya bisa rusak juga.

Begitu pun dengan manusia. Makhluk paling sempurna ciptaan Sang Kuasa yang terdiri dari sekumpulan elemen dan komponen yang disatukan dalam sebuah benda yang disebut tubuh atau raga. Manusia memiliki akal, emosi, jiwa, dan perasaan dimana hal tersebut tak dapat terlihat namun nyata. Tubuh manusia akan roboh jika terus dipaksakan bekerja. Pun begitu dengan akal, emosi, jiwa, dan perasaan. Akan melemah jika terus dibebani yang akan berakibat pada semakin lemahnya raga manusia tersebut.

Maka dari itu, istirahatlah jika memang kau sudah merasa lelah. Pulihkan kembali energi dan empat unsur tak terlihat dalam ragamu itu. Jangan pernah memaksakan dan merasa kau kuat. Jangan sampai kau lemah lalu roboh dengan cepat. Jalan hidup ini (mungkin) masih lah panjang. Istirahatkan jiwa dan ragamu !!

Aris Ripandi
Halo, saya adalah seorang pengajar dan pengembang aplikasi, khususnya aplikasi web. Profil saya dapat ditemukan di Twitter dan Github.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *