Sudahkah Anda Selfie Hari Ini?

Cekrek, cekrak, cekrek! Sambil menirukan salah satu gaya bintang iklan sebuah smartphone negeri ginseng yang saat ini sedang gencar beriklan di televisi. Hmmm, meski sebetulnya saat ini jarang sekali menonton televisi, terlebih dengan adanya smartphone dan koneksi broadband ditangan dan banyaknya layanan yang menyediakan konten multimedia digital.

Fotografi dari dulu memang digemari siapapun, dari mulai anak muda sampai orang tua, bahkan saat ini digemari pula oleh balita. Jika dulu fotografi bisa dikatakan sebuah hobi atau profesi yang mahal, lain halnya dengan sekarang. Setiap detik orang-orang dapat menangkap cahaya sesuka mereka. Smartphone atau disebut juga gadget, gawai, ponsel cerdas, adalah pemegang andil terbesar. Banyaknya ragam smartphone yang bertebaran membuat hampir siapapun dapat memilikinya. Mulai dari negeri ginseng, tirai bambu, sampai paman Sam, banyak sekali pilihan produk smartphone yang dapat dibeli dan hampir semuanya memiliki kamera.

Satu hal yang lucu, kamera seolah jadi acuan dalam membeli smartphone. Dan produsen pun berlomba menghadirkan smartphone dengan fasilitas kamera yang semakin wah, ada yang resolusinya puluhan megapixel, ada yang dualtone flashlight, sampai ada yang dualtone kamera. Bagi penyuka fotografi hal ini tentu sangat menarik dan membantu mereka saat mengabadikan momen. Tak sedikit juga orang yang menggunakan kamera sebagai alat untuk mendokumentasikan dirinya sendiri. Selfie, begitulah orang menyebutnya.

Selfie seolah menjadi sebuah kegiatan yang harus dilakukan seseorang disaat mereka ada di tempat yang baru mereka kunjugi, atau di sebuah event sehingga teman-temannya mengetahui dimana keberadaannya saat itu. Ada pula beberapa orang yang melakukan aksi selfie di tempat kerja mereka. Nah yang ini kebanyakan adalah kaum hawa. Perempuan adalah makhluk yang senang berhias diri dan mereka juga senang mengabadikan potret dirinya sendiri.

Ada banyak peluang yang dapat diambil dari kesenangan kaum hawa. Ya, salah satunya adalah alat untuk memperindah diri. Mulai dari perlengkapan rias hingga aplikasi digital. Lihatlah di Playstore dan AppStore, di halaman awal pasti banyak perangkat lunak untuk memperindah diri, atau untuk sekedar membuat wajah lucu. Mulai dari aplikasi kamera sampai aplikasi pengolah citra, banyak sekali pilihan dan ragam. Sehingga saat ini tidak ada istilah tidak fotogenik, setiap orang dapat memperindah dirinya didalam sebuah potret kamera.

Jadi, sudahkah Anda selfie hari ini?